Ragam Jajanan Khas Indonesia

21 Sep 2014
Tampaknya jajanan tradisional Indonesia berada pada zona antara ada dan tiada. Dikatakan tiada namun kenyataannya masih bisa ditemukan meski sangat jarang. Sebaliknya, dikatakan ada namun sulit sekali mendapatkannya. Di daerah-daerah tertentu mungkin masih bisa ditemukan, tapi bagaimana dengan di kota-kota besar yang sudah dibanjiri dengan makanan ringan asal luar negeri. Bisa jadi OpenRicers sudah tidak mengenali lagi jajanan tradisional Indonesia lantaran sulit ditemui. Jika demikian ada baiknya simak ulasan tentang kue-kue tradisional berikut ya untuk me-refresh pernahkah kamu mencicipi salah satunya.

Kue Lumpur
Lembutnya tekstur kue dengan aroma pandan dan vanili adalah kelebihan utama kue ini. Sangat digemari karena rasanya yang manis legit. Konon ceritanya, nama lumpur disematkan pada kue ini lantaran tekstur adonan kue seperti lumpur tanah liat yang kental. Kue ini dibuat dari campuran tepung terigu, kentang yang dihaluskan, santan, telur, gula dan daging buah kelapa.

Kue Centik
Kue cantik manis, ya sesuai namanya cantik dan manis, kue cantik khas indonesia ini populer di Pulau Jawa.  Kue ini memiliki rasa yang lembut, kenyal dan manis di lidah. Dibuat dengan bahan utama berupa tepung hunkue dan santan.

Lemper
Lemper adalah sebangsa penganan yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang.
Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Pembuatan lemper mencakup persiapan daging ayam dan mengetim ketan (bisa dengan santan). Selanjutnya, daging ayam yang sudah disuwir dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, selanjutnya dikukus.

Pastel
Pastel merupakan makanan yang tidak asing buat sebagian besar penduduk Indonesia,bahkan di Luar Negeri juga ada loh pastel.
Ada beberapa jenis pastel,pastel kering,pastel basah,pastel tutup.Isinya pun beraneka ragam,tergantung selera dari si pembuatnya.

Klepon
Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.
Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.